pendidikan ahli madya perekam medis

  • Friday, April 30th 2010

Akhir-akhir ini sangat banyak bermunculan program pendidikan rekam medis tingkat diploma (3 tahun). Maraknya pendidikan ini karena kebutuhan akan tenaga rekam medis cukup tinggi. Sebenarnya hal ini sudah terjadi sekitar 10-15 tahun lalu, namun baru segelintir orang yang ‘paham’ bahwa sekian tahun lalu itu ahli madya perekam medis diperlukan. Atau sebaliknya, saat itu telinga orang sangat asing dengan istilah rekam medis. Bahkan seorang dokter, ketika itu ditanya tentang istilah rekam medis, mohon maaf…tidak tau dan sungguh tidak tau!

Sungguh terlalu bila ketidaktahuan itu dibiarkan terus. Maka susah payah ‘sosialisasi’ apa itu rekam medis dan ada juga profesinya menjadi isi peluru yang diberondongkan mulai satu dekade lalu. Dengan didirikan program pendidikan diploma 3 rekam medis –saat itu di bawah naungan program studi komputer & sistem informasi FMIPA UGM– lah peluru itu dilepaskan.

Kini tenaga ahli madya perekam medis banyak dicari. Dalam seminggu ini sudah 5 permintaan, dua tenaga untuk rumah sakit lokasi Jogja, tiga untuk dua rumah sakit swasta besar di Surabaya. So permintaan ini akan terus berlomba keras, mengingat UU Praktek Kedokteran No. 29/2004 dan juga diterapkannya INA DRGs untuk 15 rumah sakit vertikal di tahun 2006-2007 serta untuk rumah sakit daerah mulai awal tahun 2009. Lalu siapa yang akan ‘memenangkan perlombaan’? tentu saja yang maju-terus meningkatkan kualitas diri … dan kerja kerasĀ  ‘segila’ mungkin!

1 Comment

Add your comment

  1. boost - November 19, 2013 at 3:02 pm

    ayo kerja keras dan kerja cerdas
    salam kenal ya happy

Leave a Reply

Leave A Comment


Current day month ye@r *


five × 8 =

Top